Langkah 1: Sebagai langkah pertama, untuk menampilkan segala bentuk iklan layanan keuangan di negara-negara yang tercantum di bawah ini, sebagian besar pengiklan harus diverifikasi oleh G2. Untuk mendapatkan Verifikasi Layanan Keuangan G2, pengiklan harus menunjukkan bahwa mereka: (1) diizinkan oleh badan regulasi terkait; atau (2) memenuhi syarat untuk pengecualian. Penting: Jenis pengiklan tertentu tidak memenuhi syarat untuk verifikasi G2. Misalnya, jika Anda bukan entitas berlisensi tetapi Anda bertindak sebagai peritel yang disetujui, perantara, atau afiliasi untuk entitas berlisensi, Anda tidak memenuhi syarat untuk verifikasi G2. Dalam hal tersebut, entitas berlisensi harus memperoleh akun Google Ads dan mengajukan verifikasi G2. Setelah entitas berlisensi diverifikasi oleh G2 dan menyelesaikan proses verifikasi dengan Google sebagai pengiklan layanan keuangan yang diizinkan negara, entitas berlisensi harus memulai verifikasi untuk Anda dengan Google dengan mengirimkan daftar domain atau situs web yang Anda gunakan untuk mempromosikan layanan mereka, melalui formulir ini. Sebelum mengajukan permohonan Verifikasi Layanan Keuangan G2, lihat kebijakan iklan Produk dan Layanan Keuangan Google.

Langkah 2: Pengiklan layanan keuangan yang telah memperoleh Verifikasi Layanan Keuangan G2 juga harus memverifikasi identitas mereka melalui program verifikasi Pengiklan Google. Periksalah kotak masuk email Anda untuk membuka email verifikasi Pengiklan dari Google. Catatan: Apabila pengiklan telah menyelesaikan program verifikasi identitas Pengiklan Google sebelumnya, mereka tidak akan diwajibkan untuk menyelesaikan langkah 2.

Langkah 3: Setelah menyelesaikan langkah 1 dan 2, pengiklan dapat mengajukan permohonan untuk menampilkan iklan layanan keuangan di negara yang dipilih. Saat Anda mengajukan permohonan untuk menampilkan iklan, Anda akan diminta untuk memasukkan kode G2 Anda. Selain itu, semua pengiklan layanan keuangan harus mematuhi kebijakan iklan Produk dan Layanan Keuangan Google. Permohonan Google Ads dapat ditemukan di sini:

Proses Verifikasi

Apabila bisnis Anda diizinkan oleh badan regulasi yang berlaku untuk menyediakan layanan keuangan di negara tertentu, ajukan verifikasi dengan mengeklik tombol “Ajukan permohonan”, di bawah ini.

SANGAT PENTING: Informasi bisnis yang Anda berikan selama proses verifikasi ini harus sama persis dengan perincian bisnis yang tersedia dalam pencatatan terkait. Misalnya, verifikasi Anda mungkin gagal jika nama organisasi atau nomor registrasi Anda berbeda atau tidak tersedia dalam pencatatan terkait.

Apabila Anda telah berhasil mengirimkan permohonan Anda, Anda akan menerima email konfirmasi dari G2 yang menyatakan penerimaan permohonan. Email konfirmasi akan menyertakan kode khusus untuk permohonan Anda (“Kode G2” Anda).

Dalam 5 hari kalender, G2 akan mengirimkan email kepada Anda terkait status permohonan Anda (mis. disetujui atau ditolak). Apabila disetujui, Anda akan diminta untuk memberikan kode G2 Anda kepada Google saat Anda mengajukan permohonan untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang sedang mencari layanan keuangan di negara pilihan Anda.

Proses Pengecualian

Apabila bisnis Anda tidak diizinkan oleh badan regulasi layanan keuangan, Anda mungkin masih memenuhi syarat untuk mengiklankan kata kunci layanan keuangan dengan Google Ads. G2 memberikan pengecualian untuk dua jenis pengiklan yang berbeda: (1) Pengiklan Layanan Non-Keuangan yang Dikecualikan; dan (2) Pengiklan Layanan Keuangan yang Dikecualikan.

Untuk menentukan jika Anda harus mengajukan salah satu pengecualian ini, tinjaulah definisi di bawah ini.

Pengiklan Layanan Non-Keuangan yang Dikecualikan: Pengiklan yang tidak mempromosikan layanan keuangan tetapi memiliki alasan kuat untuk menyasar pengguna yang sedang mencari layanan keuangan. Contoh (tidak secara menyeluruh): Mesin pencari, platform eCommerce, firma hukum.

Pengiklan Layanan Keuangan yang Dikecualikan: Pengiklan layanan keuangan yang dikecualikan dari persyaratan registrasi berdasarkan hukum yang berlaku.

Apabila Anda telah berhasil mengirimkan permohonan Anda, Anda akan menerima email konfirmasi dari G2 yang menyatakan penerimaan permohonan. Email konfirmasi akan menyertakan kode khusus untuk permohonan Anda (“Kode G2” Anda).

Dalam 5 hari kalender, G2 akan mengirimkan email kepada Anda terkait status permohonan Anda (mis. disetujui atau ditolak). Apabila disetujui, Anda akan diminta untuk memberikan kode G2 Anda kepada Google saat mengajukan permohonan untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang sedang mencari layanan keuangan di negara pilihan Anda.

Siap Mengajukan Permohonan?

Pilihlah negara tempat Anda ingin beriklan.

Sebelum Anda mengajukan permohonan:

  1. Pastikan Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan verifikasi G2. Bacalah Langkah 1 di atas untuk perinciannya.
  1. Apabila Anda adalah perwakilan resmi (misalnya agen pemasaran atau anak perusahaan) yang memiliki ID Google Ads atas nama klien berlisensi atau perusahaan induk Anda, alih-alih memberikan informasi pribadi, berikan informasi klien atau perusahaan induk Anda saat mengajukan permohonan.

Untuk informasi tambahan, lihatlah Pertanyaan Umum kami di bawah ini atau hubungi financialservicesverification@g2llc.com

Pertanyaan Umum (FAQ)


1. Siapa yang dapat mengajukan permohonan Verifikasi Layanan Keuangan G2?
Untuk mendapatkan Verifikasi Layanan Keuangan G2, pemohon harus menunjukkan bahwa: (1) mereka diizinkan oleh badan regulasi yang berlaku di negara tempat mereka ingin beriklan; atau (2) mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pengecualian.
Tersedia proses pengecualian bagi dua jenis pengiklan: (1) Pengiklan Layanan Nonkeuangan yang Dikecualikan (mis. mesin pencari, platform eCommerce, firma hukum); dan (2) Pengiklan Layanan Keuangan yang Dikecualikan. Kategori kedua ini mencakup penyedia layanan keuangan yang dibebaskan dari persyaratan lisensi/pendaftaran berdasarkan hukum yang berlaku.
2. Berapa biaya verifikasi?
Pengiklan tidak dikenakan biaya apa pun untuk Verifikasi Layanan Keuangan G2.3. Apa informasi yang harus saya ajukan?
Anda akan memerlukan informasi terkait akun Google Ads Anda (mis. ID Pelanggan akun Google Ads dan Perwakilan Resmi yang mengajukan verifikasi). Anda juga memerlukan informasi tentang bisnis Anda. Perhatikanlah: Informasi bisnis Anda harus sama persis dengan yang ada dalam basis data regulasi terkait.

4. Apakah Verifikasi Layanan Keuangan G2 saya memungkinkan saya mengiklankan layanan keuangan secara global?
Tidak. Verifikasi Layanan Keuangan G2 haya berlaku di satu negara. Saat ini, verifikasi G2 diwajibkan di Australia, Singapura, Taiwan, India, Brasil, Portugal, Indonesia, Prancis, Spanyol, dan Jerman. Apabila Anda ingin beriklan di sepuluh negara tersebut, Anda harus mengirimkan sepuluh permohonan.

5. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses verifikasi mulai pengajuan permohonan hingga keputusan?
Waktu penyelesaian adalah 5 hari kalender atau lebih singkat.
6. Dapatkah saya mengajukan kembali permohonan jika permohonan saya ditolak?
Ya. Apabila permohonan Anda ditolak, Anda akan menerima penjelasan dan (jika ada) langkah perbaikan yang disarankan.7. Permohonan saya telah disetujui oleh G2, tetapi saya ingin memperbarui daftar nama domain yang akan menjadi tujuan iklan saya. Apa yang harus saya lakukan?
Ajukanlah kembali permohonan dan pilih opsi yang menyatakan: “Permohonan saya telah dievaluasi sebelumnya. Saya ingin mengajukan kembali permohonan dan memperbarui bidang data dalam permohonan saya dengan informasi baru.”  Saat Anda mengajukan kembali permohonan, Anda harus memasukkan kode G2 yang terkait dengan permohonan awal Anda. Penting: Domain yang Anda berikan dalam permohonan selanjutnya akan menggantikan semua domain yang Anda daftarkan sebelumnya.
8. Apa yang harus saya lakukan jika iklan saya tidak disetujui oleh Google meskipun saya telah mendapatkan verifikasi G2?
Verifikasi G2 tidak menjamin Anda dapat beriklan dengan Google. Hubungilah Google terkait semua pertanyaan tentang iklan.
9. Perlukah saya mengajukan ulang permohonan setiap tahun untuk verifikasi?
Tidak. Anda hanya perlu mengajukan permohonan satu kali (per negara) untuk Verifikasi Layanan Keuangan G2. Perhatikanlah: G2 akan mengaudit semua entitas yang diverifikasi secara berkala untuk menentukan bahwa mereka tetap memenuhi kriteria verifikasi atau pengecualian.
10. Adakah keadaan saat G2 membatalkan verifikasi saya?
Ya. Apabila G2 menentukan bahwa pengiklan memberikan informasi palsu selama proses verifikasi, G2 akan membatalkan verifikasi tersebut. Kami juga dapat membatalkan verifikasi dalam keadaan tertentu lainnya. Misalnya, kami dapat membatalkan verifikasi sebagai tanggapan atas tindakan regulasi yang merugikan atau jika kami mengonfirmasi bahwa suatu bisnis tidak lagi berlisensi/terdaftar dengan benar, sebagaimana diwajibkan oleh hukum.